Friday, November 21, 2014

Istiqomah Adalah Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Jadi Bukit

Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit sebuah peribahasa yang sudah tidak asing lagi untuk kita. Peribahasa yang memiliki arti usaha kecil yang terus-menerus pasti akan memberikan hasil, sering dijadikan nasehat oleh orang tua. Tujuannya sederhana, agar anak-anak jaman sekarang tidak meremehkan sesuatu yang kecil atau hanya berfokus pada hal-hal yang besar saja. Maklum saja, gejala yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini sangat memperihatinkan, anak muda sekarang lebih suka dengan sesuatu yang instan alias tanpa kerja keras. Sikap mau enak tanpa kerja keras jelas sangat tidak beralasan karena tidak ada dalam sejarah orang yang malas bisa meraih kesuksesan. Orang sukses tercipta dari sebuah perjuangan yang panjang, bahkan tidak sedikit yang harus jatuh bangun baru bisa menikmati kesuksesan.

Kesuksesan tentunya menjadi harapan semua manusia, tidak ada manusia yang ingin gagal dalam hidupnya. Sebab kita percaya bahwa kesuksesan pasti membawa kebahagian dan kegagalan pasti membawa penderitaan. Mana ada sih orang yang gak mau bahagia , nah, kita kan hidup tidak cuma di dunia apakah bisa kita sukses di akhirat dengan peribahasa diatas? kira-kira bisa gak yah? tentu saja bisa. Rosululloh pernah bersabda "Ketika seseorang berjalan di jalan, lalu ia mendapatkan dahan yang berduri di atas jalan. Kemudian ia menyingkirkannya sehingga Alloh berterima kasih padanya dan memasukannya ke dalam surga" (HR: Bukhori dan Muslim).
Kebaikan menyingkirkan dahan berduri pasti bukan hal yang sulit, tidak mahal dan tidak sampai berpeluh keringat. Tapi coba bayangkan jika duri tersebut terkena kaki pasti sakit bukan? bayangkan juga jika dia seorang suami yang akan mencari nafkah untuk keluarga atau dia seorang ulama yang hendak memberi dakwah kepada masyarakat atau juga dia seorang pelajar yang hendak menuntut ilmu, pastinya akan terhambat. Sesuatu yang di mata kita sepele ternyata sangat besar nilainya di sisi Alloh sebab kita hanya mampu melihat yang wujud sedangkan Alloh maha tahu segalanya baik yang wujud maupun yang ghoib. Untuk melakukan hal yang besar pasti dimulai dari hal yang kecil, jangan berharap kita bisa melakukan hal yang besar jika kita tidak menghargai yang kecil. Sekecil apapun kebaikan atau keburukan yang kita lakukan pasti akan mendapatkan balasannya kelak. Kita juga perlu ingat, bahwa Alloh lebih menyukai sesuatu yang dilakukan secara istiqomah. sesuatu yang kecil bila dilakukan secara istoqomah lebih bernilai dari sesuatu yang besar tapi jarang dilakukan.

No comments:

Post a Comment