Wednesday, December 3, 2014

Amalan-Amalan Kecil Yang Bernilai Pahala Besar

Mata sebagai indra penglihatan merupakan salah satu organ penting manusia, tahukah kita bahwa mata kita terbentuk dari 40 unsur yang berbeda.  Unsur-unsur yang membentuk memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting dan saling melengkapi sehingga kita bisa melihat, jika salah satu unsur dalam mata kita terganggu atau tidak berfungsi maka mata kita tidak akan bisa berfungsi secara normal. Luar biasa, kita wajib bersyukur kepada Alloh dengan memiliki mata kita mampu melihat benda-benda disekitar kita. Benda-benda yang besar maupun yang kecil, semua terlihat seperti aslinya yang besar tetap besar yang kecil tetap kecil kecuali ketika benda yang besar berada jauh dari kita atau benda yang kecil kita lihat menggunakan mikroskop akan berbeda hasilnya. Meski luar biasa mata kita tetap memiliki kelemahan, hanya mampu melihat yang wujud selain itu memerlukan alat untuk melihat benda yang jauh maupun yang sangat kecil.

Lalu, apakah penglihatan Alloh sama dengan manusia? jawabannya tentu saja berbeda. Penglihatan Alloh sempurna berbeda dengan kita yang memiliki kelemahan, penglihatan Alloh mampu melihat sesuatu yang nyata maupun yang ghaib, tidak memerlukan alat bantu untuk melihat selain itu tidak pernah salah/keliru dan tidak pernah lelah. Sesuatu yang besar menurut manusia bisa jadi sesuatu yang kecil atau bahkan tidak berarti bagi Alloh atau sebaliknya. Berikut ini sesuatu yang mungkin menurut manusia kecil atau ringan tetapi memiliki nilai yang besar disisi Alloh SWT.

1. Menjenguk orang yang sakit didoakan oleh 70 ribu malaikat.
Malaikat merupakan mahluk Alloh yang tidak pernah berbuat salah atau keliru. Malaikat hanya melakukan sesuatu yang diperintahkan oleh Alloh tanpa pernah melanggar perintah tersebut selain itu jika tidak ada perintah dari Alloh maka para malaikat hanya bertasbih kepada Alloh tanpa berhenti. Dari sini kita bisa membayangkan betapa makbulnya doa para malaikat, apalagi yang mendoakan sampai dengan 70 ribu tentu akan sangat makbul.

"Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70,000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70,000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap dipetik di dalam syurga" (HR: Tirmidzi).

2. Membaca Al-Qur'an akan diberi pahala sepuluh untuk setiap huruf
Membaca Al-qur'an tentu bukan hal yang sulit dilakukan apalagi jika kita tahu pahalanya dinilai sepuluh untuk setiap hurufnya. Di bulan Ramadhan membaca Al-Quran, kita bahkan mampu mengkhatamkan Al-Quran atau mungkin lebih dari sekali khatam. Mari kita mulai biasakan membacan Al-Qur'an tanpa menunggu sampai bulan Ramadhan tiba.

"Barang siapa yang membaca satu huruf Al-Qur'an maka ia mendapat satu kebaikan dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan Aliflaammim itu saty huruf, tapi alif satu huruf, laam satu huruf daan miim satu huruf (HR: Tirmidzi).

3. Belajar agama atau membaca Al-Quran di dalam Masjid

"Siapakah diantara kalian yang pergi buthaah atau al-'aqiiq kemudian ia pulang dengan membawa dua ekor unta yang bagus-bagus tanpa berbuat dosa atau memutuskan tali persaudaraan? kami menjawab : kami semua menginginkan. Rosululloh SAW bersabda : Mengapa kamu tidak pergi ke masjid kemudian kamu belajar disana atau membaca dua ayat dari kitab Alloh subhaanahu wata'ala maka itu lebih baik daripada dua ekor unta dan bila belajar atau membaca tiga atau empat ayat maka lebih baik dari tiga atau empat unta dan selanjutnya setiap hitungan sama dengan hitungan unta" (HR: Muslim dan Ahmad).

Coba kita bayangkan berapa harga unta? mungkin kita sulit melihat unta di Indonesia tetapi kita bisa bayangkan berapa harganya, berapa banyak unta yang kita dapatkan jika kita membaca satu surat atau satu Juzz, berapa nilainya? tentu luar bisa, untuk itu mari kita praktekan. Sebenarnya masih banyak amalan ringan namun besar pahalanya tapi tidak bisa saya tuliskan disini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment